Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer
A. PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user.
Arsitektur komputer dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
B. PEMBAHASAN
1. Arsitektur Komputer
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
- Prosesor
- Memori
- Penyimpanan sekunder
- Perangkat Input
- Perangkat Output
- Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
- Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
- Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.
- Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
Gambar Skema Komputer |
1.1 Peralatan Input
a. Keyboard
Memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.
b. Alat Penunjuk
1. Mouse, suatu alat kecil & ringan yg memiliki suatu bola kecil dibawahnya & memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
2. Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dgn cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tsb.
3. Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.
4. Light pen, untuk menunjuk pada layar.
5. Unit remote control.
c. Alat Pembaca Optis
Membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis (scanner).
d. Alat Pembaca Magnetis
Alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
e. Alat Input Pengenal Suara
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
· Mikropon
· Automatic Speech Recognation (ASR)
· Touchtone
f. Alat Input Video
Video camera recorder atau camcorder.
g. Alat Input Penerima Gerak
Contohnya adalah headset, glove, walker.
1.2 Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
- Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder.
- Penyimpanan primer biasanya disebut main memori.
- Tehnologi IC utk menyediakan random access memori (RAM) yang digunakan utk menyimpan perangkat lunak dan data.
- Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.
lRAM (Random Access Memory)
q- IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yg digunakan utk menyimpan software dan data.
q- RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis.
q- Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan.
lROM (Read Only Memory)
q- Jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tapi tidak dapat ditulis.
q- Untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan.
q- Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya tidak terhapus saat daya listrik sistem dimatikan.
lCache Memory
q- RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan di antara RAM biasa dan processor.
q- Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum mencari instruksi program/data di RAM biasa.
q- Jika Cache Memory mempunyai isi yang diperlukan, pengambilan dapat dilakukan lebih cepat daripada jika RAM biasa dilibatkan.
1.3 Peralatan Output
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.
a. Output yang ditampilkan
- Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard.
- Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.
b. Output yang dicetak
- Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
c. Output Grafik
- Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik.
- Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dapat menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
d. Output Mikrofilm
- Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm(COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche.
- Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut.
- Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
e. Output Kartu Berlubang
- Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang.
f. Output Audio
- Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.
2. Software
2.1 Sistem Operasi
Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
- Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
- Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
- Penerjemah Bahasa Komputer- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language.
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
1. Database Query Language.
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
2.2 Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
- Paket Aplikasi Bisnis Umum
- Paket Aplikasi Khusus Industri
- Paket Aplikasi Khusus Industri
- Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
- Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
3. Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah
- Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
- Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
- Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
- Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.
C. KESIMPULAN
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
D. DAFTAR PUSTAKA
http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.7.1/Arsitektur_komputer.doc
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0/ SIM1-Dasar+Pemrosesan+Komputer1.pdf
Komentar
Posting Komentar